Mari Berbagi Dengan Trigon

Mari Berbagi Dengan Trigon
Mari Berbagi Dengan Trigon

Senin, 06 Februari 2012

Asalmula pancasila


Secara kausalitas/asalmula pancasila sebelum disahkan menjadi dasar filsafat negara Indonesia, nilai-nilainya telah ada dan berasal dari bangsa Indonesia sendiri yang berupa nilai-nilai adat-istiadat, nilai kebudayaan, nilai-nilai tradisi, nilai kepustakaan bangsa indonesia dan nilai-nilai religius/keagamaan. Kemudian seorang pendiri negara Indonesia mengikat nilai-nilai tersebut, dirumuskan secara musyawarah mufakat berdasarkan moral yang luhur dalam sidang-sidang BPUPKI.
Secara ilmiah filsafati Teori Causalis dikembangkan oleh Aristoteles dan Francis baccon, yang mengatakan bahwa segala sesuatu yang ada memiliki asalmula (causa). Setiap akibat mempunyai sebab, setiap sebab disebabkan oleh sebab yang mendahuluinya, dan seterusnya hingga sebab yang pertama yang tidak dipersebabkan oleh sebab lain.
Berkaitan langsung sebab terjadinya Pancasila dasar filsafat negara, yaitu asal mula yang sesudah dan menjelang Proklamasi Kemerdekaan  RI, Pancasila memiliki 4 macam asal mula/causa.
1.    Asalmula bahan (causa materialis)
Adapun asalmula bahan dari pancasila, yaitu:
1) Bangsa Indonesia merupakan asal dari nilai-nilai Pancasila, sehingga pancasila merupakan nilai-nilai yang digali dari bangsa Indonesia sendiri sejak dulu kala.
2) Puncak-puncak sejarah bangsa Indonesia, yaitu:
@Indonesia menghadapi perlawanan dengan regime kolonial belanda atau peperangan di daerah-daerah melawan belanda, antara lain:
·        Pattimura (thomas Mattulesy), di ambon 1817
·        Imam Bonjol (perang padri) di sumbar 1821-1837
·        Pemberontakan Palembang 1844 dan 1881
@Yang mengilhami pergerakan nasional indonesia, yaitu:
·     Kemenangan jepang (Asia) terhadap Rusia (kulit putih)
·     Semangat perjuangan nasional Jose Rizal Philipina
·     Gerakan modernisasi nasional turki kemal atturk
3) Sejarah kebangkitan nasional, antara lain:
gerakan sosial, kebudayaan dan keagamaan yang tujuannya mengangkat harkat dan derajat bangsa indonesia, yaitu:
1) Tahun 1901 gerakan R.A Kartini di jateng, dengan memerdekakan emansipasi wanita dan menerima sistem Barat yang disesuaikan dengan watak Indonesia. 
2) Tanggal 20 mei 1908 gerakan budi utomo di batavia.
3) Tahun 1911 berdirilah sarikat dagang islam di solo oleh H. Samanhudi. tahun 1912 berubah menjadi sarikat islam yang kemudian menjadi organisasi politik nasional.
4) Desember 1912 terbentuk juga indische partij.
5) Tahun 1920 Sarikat Islam pecah menjadi 2, yaitu Sarikat Islam Merah yang dipengaruhi oleh komunis dan Sarikat Islam Putih yang tetap mempertahankan keagamaan dan nasionalisme.
6) Tahun 1921 diciptakan Lagu Indonesia Raya oleh WR. Supratman.
7) Tahun 1929 pecah Perang Pasifik.
8) Tanggal 29 april 1942 Gerakan 3 A Jepang Ke Asia, yaitu Jepang Pemimpin Asia, Jepang Pelindung Asia dan Jepang Pembawa Cahaya Asia.
9) Tanggal 17 agustus 1945, Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.
2.    Asalmula bentuk/bangun (causa formalis)
Asalmula bentuk pancasila dirumuskan sesuai yang termuat dalam Pembukaan UUD ’45, antara lain:
@  yang merumuskan dan membahas terutama dalam hal bentuk, rumusan dan nama pancasila adalah Bung Karno dan  Bung Hatta bersama para anggota BPUPKI lainnya.
@  Tanggal 29 april 1945 terbentuklah BPUPKI, yang pada saat itu pemerintah militer jepang di indonesia menamakan Dokuritzu Zyumbi Tyosakai. Pagi hari 29 april 1945 dikibarkan bendera Merah Putih di samping Bendera Jepang matahari terbit di depan gedung pejambon no.1 Jakarta, kemudian tanggal 28 mei 1945 barulah para anggota BPUPKI dilantik.
Sepanjang sejarahnya BPUPKI hanya menjalani 2 kali masa persidangan, yaitu masa sidang pertama 29 mei 1945 sampai dengan 1 juni 1945 dan sidang kedua antara 10 juli 1945 sampai 16 juli 1945.
@  Bentuk rumusan pancasila yang outentik sebagaimana inpres no. 12 tahun 1968 tanggal 13 april 1968, rumusan dan tata urutan pancasila yang resmi tersebut digunakan dalam penulisan, pembacaan dan pengucapan, seperti yang dikemukakan terdahulu dalam buku ini.
3.    Asalmula tujuan (causa finalis)
Adapun asalmula tujuan dari pancasila, yaitu:
1) Yang menjadikan pancasila tujuan hidup bangsa indonesia atau asalmula tujuan ialah para anggota BPUPKI dan panitia kecil BPUPKI (panitia sembilan) yang diketuai oleh Ir. Soekarno dan para anggotanya adalah Mr.M. yamin, M.A. Soebardjo, Mr. Maramis, kiai Abdul kahar muzakir, wachid hasyim, abikusno tjokrosujoso dan H. agus salim.
2) Yang menjadi pancasila tujuan hidup bangsa indonesia, yaitu persidangan-persidangan BPUPKI, antara lain:
¦ Masa persidangan pertama, mulai dari 29 mei sampai 1 juni 1945.
¦ Masa persidangan kedua, mulai dari 10 juli sampai 16 juli 1945.
·     Rapat 10 juli 1945, yaitu telah terbentuk Panitia kecil (Panitia 9).
·     Rapat 11 juli 1945, yaitu telah membentuk Panitia Perancang UUD yang beranggotakan 19 orang. Kemudian membentuk lagi Panitia kecil Perancang UUD.
·     Rapat 13 juli 1945, yaitu oleh Panitia Kecil Perancang UUD diuraikan Rancangan UUD. Hasil rancangan terdiri dari 15 Bab dan 42 Pasal.
·     Rapat besar 14 - 15 juli 1945, yaitu membahas bersama Rancangan UUD dan Rancangan Pembukaan UUD.
·     Rapat 16 juli 1945, selluruh anggota BPUPKI secara bulat dan aklamsi menerima seluruh Rancangan UUD RI.
3) terbentuklah PPKI yaitu setelah BPUPKI menyelesaikan tugasnya kemudian dibubarkan. Sebagai gantinya telah dibentuk Badan baru, yaitu Dukuritzu Zyumbi linkai atau PPKI pada tangggal 9 agustus 1945 sekembalinya Ir. Soekarno dan Muh. Hatta dari saigoon memenuhi panggilan Jenderal Terauchi.
Pada waktu berdirinya, angggota PPKI sebanyak 21 orang yang diketuai Ir. Soekarno dan Muh. Hatta sebagai wakilnya. Para anggota PPKI merupakan pemimpin rakyat terkenal yang mewakili daerah, golongan dan aliran dalam masyarakat di seluruh Indonesia. Setelah Jepang menyerah pada sekutu, oleh ketua PPKI, kemudian Panitia ini dijadikan badan nasional, yang anggotanya ditambah 6 orang sehingga menjadi 21 orang dan akhirnya badan ini dianggap sebagai Badan Perwakilan seluruh RI.
4.    Asalmula karya (causa effisiens)
Adapun asalmula karya dari pancasila, yaitu:
1)Yang  mengkaryakan dan menetapkan Pancasila menjadi dasar Negara RI yaitu para anggota PPKI sebagai pembentuk negara pada tanggal 18 agustus 1945 setelah dilakukan pembahasan dalam sidang BPUPKI,  panitia Sembilan.
2)Proklamasi kemerdekaan RI, 17 agustus 1945, merupakan :
U pernyataan kemerdekaan bangsa Indonesia.
U Pengumuman kepada seluruh bangsa Indonesia dan seluruh dunia, bahwa Indonesia telah bebas dari segala bentuk penjajahan di muka bumi serta indonesia sebagai negara yang berdiri sendiri juga menentukan nasib sendiri.
U Suatu tindakan yang segera diambil, sehubungan dengan pengumuman Kemerdekaan tersebut.
U Suatu perjuangan seluruh bangsa yang diridhoi oleh Tuhan Yang Maha Esa.
U Pernyataan kehendak rakyat untuk menentukan nasib sendiri, menentukan corak, bentuk, susunan negara sendiri dan menentukan sifat serta sistem negara sendiri di atas negara yang merdeka, Negara Kesatuan RI yang merdeka, kekal dan abadi.
3)Penetapan pancasila sebagai dasar Negara RI oleh seluruh anggota PPKI, dimaksud bahwa Pancasila yang rumusnya termuat dalam pembukaan UUD ’45 alinia IV.
·     Rumusan Pancasila oleh PPKI tersebut, adalah sebagai berikut:
1. Ketuhanan yang maha Esa
2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
3. Persatuan Indonesia
4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan
5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
·     Sehubungan dengan penetapan tersebut, maka gambaran perwujudan pancasila kita adalah:
1) Pancasila mempunyai bentuk piramidal
2) Pancasila tersusun secara hierarkhis/berjenjang
3) Pancasila memiliki sistem totalitas
4) Pancasila memiliki sifat umum-universal, abstrak, tetap tak dapat berubah.








Tidak ada komentar:

Poskan Komentar